Greetings Dalam Bahasa Inggris Untuk Bahasa Inggris Pemula

 Arif Blog ~ Setiap kali kita bertemu dengan seseorang, sudah pasti kita akan menyapanya bukan? Baik itu yang sudah kita kenal maupun yang secara tidak sengaja bertemu di tempat-tempat tertentu dan kita ada keinginan untuk mengobrol dengannya, maka untuk pertama kalinya kita pasti akan memulai suatu percakapan dengan sapaan terlebih dahulu.

Begitu pula dalam bahasa Inggris, bagi pelajar bahasa Inggris pemula, maka mengetahui greetings adalah hal pertama yang harus dikuasai. Karena bagaimana kita bisa memulai suatu percakapan dengan seorang bule kalau kita sendiri tidak tahu bagaimana cara menyapa orang lain dalam bahasa Inggris.

Di dalam bahasa Inggris banyak sekali jenis sapaan, baik itu berupa sapaan dalam bentuk formal maupun informal yang wajib diketahui.

Greeting in english untuk belajar bahasa inggris pemula aktif berbicara bahasa inggris


Formal greetings in English

Formal greeting biasanya digunakan dalam situasi formal seperti dalam bisnis, rapat, acara kenegaraan, pembacaan berita televisi dll. Nah sudah pasti memberi sapaan dalam situasi formal akan berbeda dengan situasi informal atau casual.

Formal greeting juga biasanya digunakan saat kita akan berbicara dengan orang yang lebih tua sebagai bentuk penghormatan kepadanya.

1. Good morning, good afternoon, good evening

Kata sapaan ini digunakan sesuai waktu saat kita sedang bercakap-cakap.

Good morning (selamat pagi) digunakan untuk menyapa seseorang saat di pagi hari. Waktunya bisa mulai dari jam 12.01 malam hingga jam 12.00 siang.

Untuk sapaan yang sifatnya casual, bisa cukup dengan mengatakan "morning" saja.

Good afternoon (selamat siang/sore) biasanya digunakan setelah jam 12.01 siang hingga menjelang waktu magrib.

Dan good evening (selamat malam) digunakan pada malam hari dari waktu magrib hingga tengah malam.

Dan perlu diingat bahwa good night atau good nite itu bukan termasuk greeting. Karena good night digunakan untuk farewell atau salam perpisahan pada hari tersebut.

Misalkan saat kalian bertemu seseorang di malam hari, maka untuk menyapanya gunakan good evening, tapi saat kalian mau berpisah, atau mau tidur maka gunakan good night.

2. It's nice to meet you atau pleased to meet you

Artinya adalah senang bertemu dengan Anda. Ini merupakan bentuk greeting yang sangat sopan.

Perlu diketahui bahwa sapaan ini digunakan untuk menyapa orang yang baru pertama kali bertemu.

Dan jika kalian bertemu lagi dengan orang tersebut di lain waktu, dan kalian masih mengingat orang tersebut, maka ganti "meet" dengan "see" menjadi it's nice to see you again atau it's nice to see you.

3. How have you been?

Jika diartikan dalam bahasa Indonesia adalah apa kabar.

Tapi penggunaan "how have you been" dan "how are you" itu berbeda meskipun secara arti sama.

Perbedaannya adalah how have you been digunakan untuk menyapa seseorang yang sudah kita kenal dan sudah lama tidak bertemu. Sehingga ada rasa keingintahuan terhadap seseorang selama berpisah.

Kalau dalam bahasa kita secara lengkapnya seperti ini, "apa kabarmu? Kamu kemana aja? Lama sekali gak ketemu."

Sedangkan how are you hanya digunakan untuk menanyakan kabar secara biasa saja dan ini bisa digunakan untuk orang yang belum kenal atau hanya sekedar sapaan basa-basi untuk orang yang sering bertemu.

4. How do you do?

Artinya apa kabar. Greeting ini terkesan sangat formal dan sekarang sudah mulai ketinggalan zaman (old fashion) bagi kalangan muda. Tapi ungkapan ini masih ada yang menggunakan utamanya orang-orang tua.

Untuk menjawabnya bisa dengan "I am doing well". Atau biasanya dengan jawaban bertanya balik "how do you do?"

Informal greetings in English

Setelah mengetahui beberapa bentuk kalimat sapaan dalam situasi formal, sekarang saatnya kita bahas tentang informal greetings dalam bahasa Inggris.

Informal greetings ini banyak sekali macamnya dan ini biasa digunakan untuk situasi casual dalam percakapan sehari-hari baik dengan teman, keluarga atau orang-orang yang sudah kita kenal.

1. Hi! Hey! atau Hey man!

Selain kata "Hello", kalian bisa menggunakan sapaan Hi atau Hey. Dan greeting ini sangat populer di kalangan remaja.

Hi..! ini bisa digunakan dalam berbagai situasi casual. Namun untuk Hey, ini harus kalian gunakan untuk orang yang sudah kalian kenal saja.

Karena saat kalian menyapa seorang bule yang tidak kalian kenal dengan kata hey, mereka mungkin akan kebingungan dan mengingat-ingat kapan dia bertemu denganmu.

Kalian juga bisa menggunakan Hey man! untuk menyapa remaja laki-laki sebagai bentuk keakraban. Sapaan ini juga terkadang bisa digunakan untuk memyapa remaja perempuan. Tapi perlu diingat bahwa kalian harus benar-benar sudah kenal dengan orang tersebut.

Dan perlu diingat, penggunaan kata hey tidak selalu berarti Hallo, tapi juga bisa digunakan untuk meminta perhatian orang lain.

2. How is it going? Atau How are you doing?

Ini adalah bentuk casual dari how are you? Untuk memjawabnya bisa menggunakan "I am going well" untuk pertanyaan how is it going? Dan "I am doing well" untuk how are you doing?

Bisa juga cukup dengan menjawab "good" dan setelah itu baru bertanya balik, and you?

3. What's up?, What's new? atau What's going on?

Artinya adalah apa kabar. Ini sangat informal dan digunakan untuk orang yang sudah kalian kenal saja.

Untuk menjawabnya cukup dengan "nothing" atau "not much". Setelah itu baru bertanya balik, how about you?

4. How's everything?, How are things? atau How's life?

Greetings ini juga digunakan untuk orang-orang yang sudah kalian kenal.

Kalian bisa menjawabnya dengan "good" atau "not bad" sambil kalian menceritakan sedikit info menarik yang kalian alami. Setelah itu baru bertanya balik, how about you?

5. How's your day? atau How's your day going?

Ini artinya sama dengan how are you, tapi penggunaanya biasanya digunakan saat sore atau malam bagi orang yang tiap harinya sering bertemu.

Maksud dari greeting ini adalah menanyakan kabar mereka selama sepanjang hari. Maka dari itu menggunakan greeting ini di pagi hari kurang tepat.

Misalnya kalian menggunakan ungkapan ini untuk bertanya pada rekan kerja di sore hari atau kasir yang sering kalian temui di toko pada sore atau malam hari.

Untuk menjawabnya bisa dengan "fine", "good", "alright" atau "not bad".

6. Good to see you! atau Nice to see you!

Greeting ini biasanya digunakan kepada teman, keluarga atau rekan kerja yang tidak bertemu dalam beberapa waktu.

Biasanya dalam memgungkapkan greeting ini selalu dilakukan dengan jabat tangan atau berpelukan.

7. Long time no see! atau It's been a while

Ungkapan ini digunakan saat kita bertemu secara tidak sengaja dengan teman yang sudah lama tidak bertemu.

Lama waltunya tergantung kebiasaan kalian bertemu. Misalnya kalian tiap minggu selalu bertemu, tapi tiba-tiba kalian tidak bertemu selama beberapa minggu atau berbulan-bulan. Kalian bisa menggunakan ungkapan ini.

Biasanya setelah ungkapan ini selalu diikuti dengan menanyakan kabar seperti how are you?, what's new? atau how have you been?

8. Yo!

Greeting ini sangat informal dan bisa digunakan saat keadaan serius ataupun sedang bercanda. Dan ini berasal dari slang hip hop pada tahun 1990an.

Gunakan greeting ini hanya untuk teman dekat saja. Jangan digunakan dalam situasi formal atau orang yang baru kalian kenal.

9. Are you OK?, You alright? atau Alright mate?

Ini adalah bentuk casual dari memyapa hello! dan how are you? Biasanya digunakan di Inggris Raya.

Kalian bisa menjawabnya dengan "yeah", "fine" atau juga "alright" sebelum bertanya balik "and you?"

10. Howdy!

Ini adalah singkatan dari how do you do? Dan biasanya ungkapan ini digunakan di beberapa wilayah tertentu di Kanada dan Amerika.

Perlu diperhatiakan bahwa, jika menggunakan ungkapan ini diluar wilayah tertentu di Amerika dan Kanada, bisa jadi akan ditertawakan dan dianggap seperti koboi.

11. G'day mate!

Greeting ini adalah singkatan dari good day yang berarti selamat siang. Ungkapan ini digunakan untuk tengah hari dan hanya digunakan di wilayah Australia.

12. Hiya!

Ini adalah kependekan dari how are you? Greeting ini digunakan dibeberapa bagian wilayah di Inggris. Sapaan itu biasanya tidak perlu dijawab, cukup dengan mengatakan hey! untuk jawabannya.

Itulah beberapa jenis greetings atau kalimat sapaan dalam bahasa Inggris untuk pemula yang wajib diketahui. Setelah kalian hafal jenis-jenis greetings dalam bahasa Inggris, maka kalian tidak perlu takut lagi untuk menyapa orang asing yang kita temui baik di dunia nyata maupun secara online seperti di media sosial atau ome TV.


Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url