Farewell Atau Salam Perpisahan Dalam Bahasa Inggris Untuk Pemula

 Arif Blog ~ Setelah sebelumnya kita belajar tentang sapaan atau greetings dalam bahasa Inggris, kali ini kita akan belajar tentang ungkapan perpisahan atau farewell selain menggunakan "goodbye". Karena setiap ada petemuan akan diakhiri dengan perpisahan.

Ada beberapa cara yang bisa kita gunakan untuk mengungkapkan salam perpisahan dalam bahasa Inggris, baik dalam situasi formal, informal maupun dengan menggunakan slang.

Salam perpisahan atau farewell dalam bahasa inggris untuk pemula

Cara biasa mengungkapkan salam perpisahan dalam bahasa Inggris

Di bawah ini adalah ungkapan-ungkapan yang biasanya digunakan para native speaker untuk mengucapkan selamat tinggal atau saat mereka akan meninggalkan sebuah perkumpulan.

1. Bye

Ini adalah ungkapan yang pendek dan standar dalam perpisahan. Ungkapan ini sangat cocok diucapkan kepada keluarga, teman atau rekan kerja. Dan juga bisa diungkapkan kepada siapapun.

2. Bye bye

Ekspresi ini biasanya hanya digunakan untuk anak-anak atau orang tua kepada anaknya.

Orang dewasa pun terkadang mengucapkan bye bye, tetapi hanya untuk mereka yang sudah saling kenal satu sama lain sebagai bentuk ungkapan manis atau genit. Hal ini tentu tidak akan digunakan kepada mitra bisnis.

3. See you later, See you soon atau Talk to you later

Ungkapan ini sangat cocok diucapkan kepada siapapun, mulai dari rekan kerja hingga teman. Ungkapan ini biasanya diucapkan sebelum mengatakan bye.

4. I've got to get going atau I must be going

Ungkapan ini sangat baik digunakan saat kita berniat mau pamit undur diri dari sebuah pertemuan.

Jika langsung mengatakan bye di tengah-tengah percakapan akan terasa kurang sopan. Makanya saat kamu mengucapkan "I've got to get going", hal ini memberitahu mereka bahwa kamu siap untuk meninggalkan pertemuan tersebut.

Setelah mengungkapkan ungkapan ini, bisa sambil memberikan alasan singkat kenapa kamu harus pergi.

Misalnya : I've got to get going bacause I have to wake up early tomorrow morning.

Ini menandakan bahwa sebenarnya kamu masih ingin berada di perkumpulan tersebut, tapi dengan berat hati kamu harus pergi.

5. Take it easy

Ini adalah bentuk ungkapan santai dari have a nice day!

Ungkapan ini mendorong seseorang untuk tidak terlalu tegang dan serius dalam melakuakan suatu pekerjaan dan meluangkan waktu untuk santai sejenak.

Take it easy juga biasanya digunakan untuk menenangkan orang yang sedang marah atau kesal yang artinya calm down (tenanglah).

6. I am off

Ini adalah salah satu ungkapan informal yang menyatakan bahwa kamu siap-siap untuk pergi.

Untuk memperhalus frase ini, kalian bisa menambahkan : right then, I am off atau anyway, I am off.

Selain itu, kamu bisa memberikan sedikit alasan kenapa kamu harus pergi

 Misalnya : Anyways, I am off. I've got a busy day tomorrow (ngomong-ngomong aku harus pergi nih. Besok aku sibuk).

Ungkapan perpisahan dalam bentuk slang

Selain ungkapan informal biasa, ada juga salam perpisahan dalam bentuk slang, yaitu sebagai berikut.

1. Later, laters atau catch you later

Ini adalah bentuk slang atau bahasa gaul dari "see you later". Biasanya digunakan oleh anak-anak remaja.

Dan perlu diingat bahwa penggunaan frase ini hanya digunakan kepada orang yang sudah kamu kenal saja.

2. Peace atau peace out

Ini adalah salah satu ungkapan perpisahan yang pernah tren di tahun 1990an. Tapi sekarang sudah seperti ketinggalan zaman dan jarang orang menggunakannya.

3. I am out atau I am out of here

Ini adalah ungkapan yang digunakan untuk memberitahu orang lain bahwa kamu akan pergi. Perlu diingat ungkapan ini hanya boleh digunakan untuk teman yang sudah akrab saja.

Berhati-hatilah dalam menggunakan ungkapan ini, kamu harus bisa menempatkan dan tahu cara dan waktunya. Karena jika kamu mengungkapkan frase ini, itu artinya kamu terkesan senang meninggalkan tempat itu.

Frase ini bisa digunakan misalnya dalam situasi kamu sebagai seorang siswa, saat pelajaran telah berakhir dan kamu merasa senang karena akan pulang ke rumah, maka kamu bisa berkata "I am out of here" kepada teman-temanmu sebelum pulang.

4. I gotta jet, I gotta take off, I gotta hit the road atau I gotta head out

Ungkapan-ungkapan ini adalah versi slang dari "I've got to get going".

Gotta adalah singkatan dari "got to".

Ungkapan ini menandakan kepada teman-temanmu bahwa kamu sebenarnya senang bersama mereka, tapi dengan berat hati kamu harus pergi.

Ungkapan salam perpisahan dalam situasi formal

Setelah mengetahui salam perpisahan dalam situasi informal dan dalam bentuk slang, kita akan belajar farewells dalam situasi formal sebagai berikut.

1. Goodbye

Ungkapan ini jarang sekali digunakan dalam percakapan sehari-hari. Selain karena terasa begitu formal, "goodbye" ini juga biasanya hanya digunakan untuk salam perpisahan dengan orang yang tidak akan bertemu lagi.

Biasanya orang-orang lebih tepat mengucapkan "bye" saja, meskipun dalam suasana acara bisnis.

2. Have a nice day atau have a good .....

Ini adalah ungkapan yang sangat sopan dan menyenangkan untuk diucapkan kepada orang yang tidak terlalu kamu kenal, baik itu rekan kerja, kenalan baru dll.

Kamu bisa menggunakan beberapa noun (kata benda) setelah kata "good", tergantung situasi.

Misalnya kamu bisa mengucapkan salam perpisahan kepada orang yang akan pergi berlibur dengan mengucapkan "have a good vacation".

Atau kamu bisa mengucapkan "have a good weekend" sebagai salam perpisahan untuk libur akhir pekan pada hari Jum'at sore kepada rekan kerja.

3. I look forward to our next meeting

Ini adalah ungkapan formal yang cocok diucapkan kepada rekan bisnis. Meskipun kamu mengucapkan salam perpisahan, tapi seolah kamu ingin selalu terhubung dengannya.

4. Until .....

Ungkapan ini jarang digunakan, tapi bisa kamu gunakan jika kamu tahu kamu akan bertemu dengan orang tersebut nanti.

Misalnya kamu akan bertemu lagi dengan seseorang minggu depan, kamu bisa mengatakan "until next week" (sampai jumpa minggu depan).

5. Take care

Ini adalah ungkapan yang bisa digunakan baik formal maupun informal. Ungkapan ini merupakan ekspresi ungkapan tulus dan kehangatan yang bisa diterima oleh semua orang.

Tapi perlu diingat bahwa ungkapan ini jangan digunakan untuk orang yang setiap hari bertemu.

Jika kamu mengucapkan "take care" kepada orang yang selalu kamu temui setiap hari, itu artinya kamu berencana tidak akan bertemu dengannya sekurang-kurangnya selama 1 minggu atau lebih.

6. It was nice to see you again atau It was nice seeing you

Saat bertemu dan menyapa seseorang, kamu sering mengucapkan "it's nice to see you". Nah untuk salam perpisahan pun kamu bisa menggunakan "it was nice to see you again".

Ungkapan ini bisa kamu gunakan untuk orang yang sudah kamu kenal. Untuk orang yang baru kenal, kamu bisa menggunakan "it was nice meeting you".

7. Good night

Ini adalah ungkapan perpisahan dalam bentuk formal. Dan penggunaan "good night" ini hanya bisa digunakan untuk salam perpisahan pada malam hari saat kamu mau berpisah atau pulang ke rumah malam itu.

Seperti diketahui bahwa good morning, good afternoon dan good evening merupakan kalimat sapaan atau greeting, sedangkan good night adalah kalimat perpisahan atau farewell.

Itulah beberapa ungkapan perpisahan dalam bahasa Inggris untuk pemula yang bisa kalian praktekan dalam kehidupan sehari-hari. Semoga bermanfaat.


Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url